Selasa, 25 Desember 2012

PENTINGNYA NUTRISI BAGI TUBUH


Makanan yang kita konsumsi setiap harinya harus memenuhi gizi yang seimbang. Terlalu seringnya kita mengkonsumsi jenis makanan siap saji yang enak, terkadang kita juga melupakan bagaimana kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut. pada dasarnya kebutuhan akan hal tersebut memang sangatlah penting. Selain sebagai penyeimbang, gizi adalah unsur yang menentukan layaknya atau tidaknya suatu makanan. Makanan yang kita makan tidak hanya sekedar enak serta tersaji dengan tampilan yang menwan dan mahal. Namun makanan tersebut harus memiliki cukup gizi untuk diserap oleh tubuh kita. Dikatakan bahwa makanan yang mahal belum tentu terjamin kesehatannya. Justru tidak semua makanan yang murah tidak terjamin kesehatannya. Contohnya jenis makanan yang berasal dari umbi-umbian, makanan yang direbus, makanan dari jagung, makanan rumahan yang sreing kita buat. Semua jenis makanan tersebut bisa jadi menjadi pilihan yang tepat buat kita sebab kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Mengetahui Arti Gizi Dalam Makanan

Sebelum kita memakan suatu makanan, adakalanya nilai kecukupan gizi yang ada perlu diketahui. Sebenarnyapengertian gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme serta pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ yang menghasilkan energi. Makanan yang kita konsumsi setiap harinya tentu tidak selalu terpenuhi kecukupan gizinya. Terkadang kita hanya mengkonsumsi satu lauk saja dengan nasi tanpa ada sayuran yang mengimbanginya. Namun ada pula yang lebih doyan dengan makanan siap saji padahal makanan fastfood itu lebih dikenal dengan makanan junkfood. Itu artinya makanan tersebut memang tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka watu lama dan terus-menerus.

Arti Gizi Menurut Beberapa Ahli

Sebetulnya ada banyak pemahaman mengenai gizi berdasarkan beberapa ahli. Definisi gizi sangat beragam namun tujuannya tetaplah satu. Berdasarkan Harry Oxorn dan William R. Forte memberikan pengertian tentang gizi sebagai sesuatu yang luas, tidak hanya mencakup jenis-jenis pangan dan serta gunanya bagi tubuh. Lain pula dengan Chairinniza K. Graha yang menyebutkan gizi sebagai unsur yang terkandung dalam makanan, dimana unsur-unsur itu dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.

Pentingnya Gizi Bagi Kesehatan Tubuh Seseorang

Dengan asupan makanan yang sehat bernutrisi maka tubuh akan menerima dampak positifnya. Tubuh tidaklah sembarangan dalam menerima makanan yang masuk. Harus sesuai dengan takaran serta nilai-nilai kesehatan yang ada. Makanan yang biasa saja namun tercukupi kebutuhan nutrisinya maka dapat membuat hidup seseorang lebih baik. Gizi yang cukup mampu mengatasi berbagai penyakit dan mencegah terjadinya masalah kesehatan. SEPERTI APA SIH MAKANAN YANG SEHAT DAN BERNUTRISI ITU...???
Sumber : http://www.kesehatan123.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar